Senin, 03 Januari 2011

MEMBUAT DATABASE DENGAN DESKTOP DATABASE

Pada BDE dengan database Paradox, database adalah sebuah folder yang menampung file-file table di dalamnya. Folder ini kemudian dapat diberi alias, sehingga akses ke database, yang aktualnya adalah akses ke folder tersebut, dapat dengan mudah dilakukan dengan hanya mengakses alias yang bersesuaian.
Menggunakan Database yang Telah Ada
Jika kita telah mempunyai sebuah folde berisi file-file database, berarti kita telah mempunyai predefined database. Misalkan kita membuat sebuah aplikasi buku telepon, dengan database dan alias yang dapat diakses dengan baik. Asumsikan database berada di C:\Aplikasi Buku Telepon\Data, dan diberi alias “BUKU_TELEPON”. Ketika seorang teman mengkopi aplikasi ini ke komputernya, ternyata aplikasi tidak dapat berjalan sebagaimana diharapkan.
Sekarang kita tinjau kembali di computer kita, alias “BUKU_TELEPON” menunjuk ke folder C:\Aplikasi Buku Telepon\Data, dan ketika teman tadi mengkopinya, aplikasi ditempatkan ke d:\Program\Aplikasi\Data. Aplikasi dijalankan. Alias diakses, dan referensi C:\Aplikasi Buku Telepon\Data teryata tidak ditemukan. Ini adalah penyebabnya.
Apa solusinya?
Kita dapat membuat sebuah alias baru (di mana alias BUKU_TELEPON belum terdefinisi di computer teman) dengan nama yang sama, dan mereferinsikannya ke folder database baru, yaitu d:\Program\Aplikasi\Data.
Catatan: Jika di computer teman belum tersinstal BDE (Borland Database Engine), kita harus menginstallnya untuk keperluan akses database aplikasi kita. Kita akan membahas hal ini tersendiri nantinya pada bagian Distribusi Aplikasi.
Membuat database dari awal
Untuk membuat database dari awal, kita dapat menggunakan Database Desktop, yang terinstal bila kita menginstal Delphi dengan menyertakan opsi instalasi Borland Database Desktop. Kita mulai dengan menjalankan Delphi, dan selanjutnya:
Dari Delphi, klik menu Tools>Database Desktop
 Image001
Buatlah sebuah folder di mana kita akan menempatkan file-file database kita, misalkan di C:\Database\Buku Telepon (lewat Windows Explorer)
Kembali ke Database Desktop, klik menu File>New>Table. Pada dialog yang muncul pilih Paradox 7
Image002
Klik Ok
Kini kita akan dihadapkan ke dialog Table Designer
Image003
Asumsikan kita akan membuat table dengan field-field sbb:
Nama, bertipe karakter dengan panjang maks. 30 huruf, harus diisi
Alamat, bertipe karakter dengan panjang maks. 50 huruf, harus diisi
Telepon1, bertipe karakter dengan panjang maks. 15 huruf, harus diisi
Telepon2, bertipe karakter dengan panjang maks. 15 huruf, boleh kosong
Foto, bertipe Graphic, boleh kosong.
Kini kita bias mendesain aplikasi sesuai asumsi kolom-kolom table di atas.
Pada baris 1, kolom Field Name, ketikkan Nama, tekan tab, pada kolom Type, tekan spasi, pilih Alpha (yang berarti Alphanumeric, atau karakter), dan pada kolom Size beri nilai 30. Kolom Key harus diisi jika field ini harus unik, artinya dalam satu table tidak boleh ada nama yang sama. Karena kemungkinan dua orang memiliki nama yang sama, field ini tidak perlu diisi. Cek pada opsi 1. Required Field, karena field ini harus diisi. Jika field ini boleh kosong, jangan cek opsi ini.
Image004
Selanjutnya klik pada baris satu (field Nama), tekan Enter beberapa kali sampai kursor berpindah ke baris dua.
Ulangi langkah-langkah pembuatan field ini sampai semua field yang diasumsikan selesai dibuat:
Hasil akhir pembuatan field-field ini dapat dilihat di gambar berikut:
Image005
Klik tombol Save As… Pilih C:\Database\Buku Telepon apa Combobox Save In:
Image006
Isikan File Name dengan daftar_telepon, klik Save
Kita kembali ke Database Desktop.
Klik menu File>Open>Table…, pilih C:\Database\Buku Telepon pada pilihan Look In:
Pilih file daftar_telepon.db, klik open.
Tampilan table yang masih kosong seperti berikut:
Image007
Klik menu Table>Edit Data (F9) untuk menginput data-data daftar telepon.
Image008
Tutup tabel ini. Pada konfirmasi yang muncul, klik Yes.
Sampai di sini, kita telah membuat sebuah tabel. Pada bagian selanjutnya, kita akan membuat sebuah aplikasi yang berkorespondensi dengan database dan tabel ini, dengan Wizard dan dengan membuatnya secara manual.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar