Minggu, 28 November 2010

CARA MENINGKATKAN PERFORMA VISTA

Windows vista mempunyai fitur security dan fungsi baru, serta tampilan yang menarik dengan aero, flip 3d, dan trik grafis lainnya. Namun, semuanya itu memakan resource yang pada akhirnya mempengaruhi performa computer.

1. Tambahkan RAM

Tidak bias disangkal lagi Vista merupakan operating System yang lapar memory. XP sudah bisa berjalan cepat pada 512MB, sedangkan Vista butuh minimal 1 GB. 2 GB malah lebih Baik dan jika anda menjalakan Fitur Grafis dan membuka banyak program sekaligus, terutama yang menggunakan banyak memori, 4 GB tidaklah berlebihan. Untungnya, RAM masih relative murah.

2. Gunakan Ready Boost

Jika tidak bisa menambah RAM, mungkin notebook/PC anda sudah mencapai memori maksimum yang bisa diinstalasi. Jika demikian, vista menyediakan tool untuk mengelabui computer anda sehingga menganggap anda punya punya lebih banyak RAM dari yang sebenarnya. Anda bisa menggunakan FDD untk meningkatkan memori system, vista bisa mengakses FDD lebih cepat daripada data yang tersimpan di HDD.

3. Gunakan video card yang bagus

Jika anda punya cukap RAM, hardware yang kemungkinan besar menghambat performa computer anda adalah videocard. Anda butuh video card high-end untuk menjalankan aero dengan lancar, tapi beberapa vendor computer menjual computer yang tidak memadai. Anda bisa mengetahui apakah video card anda memadai dengan mengecek skor Windows Experience Index (WEI) pada Performance Information and Tools di control panel.
Video card onboard pada sebagian besar system tidak cukup powerful untuk menjalankan vista dengan lancar. Supaya anda tidak kecewa pada waktu menjalankan aero, gunakan video card yang sudah disertifikasi untuk vista premium. Sama seperti RAM system, semakin besar RAM video semakin baik, dan jika anda ingin memainkan game vista, pastikan video card anda mendukung directX 10.

4. Hilangkan program startup tambahan

Anda mungkin menemukan banyak program yang otomatis dijalankan pada waktu windows booting, terutama jika anda membeli computer dari vendor yangmemasang banyak software. Beberapa diantaranya mungkin anda inginkan, seperti program antivirus atau antispyware, tapi banyak diantara mereka mungkin tidak anda gunakan atau hanya kadang-kadang saja dan anda tidak mau menjalankan semuanya sekaligus. Mereka semua dimuat ke dalam memori dan memakan resource system dan akibatnya system menjadi lambat karena berjalan secara background.
Beberepa program startup bisa dihentikan dengan menghapus mereka dari folder startup. Yang lainnya dikonfigurasikan dari registry. Banyak program yang bisa diatur dari windows defender software explorer, yang bisa anda akses dari link manage startup programs di anel sebelah kiri performance.

5. Matikan tambahan tampilan

Banyak tambahan tampilan yang membuat vista seperti vista, seperti animasi pada waktu mengecilkan dan membesarkan jendela, menu memudar atau bergeser, bayangan di bawah menu dan pointer mouse, dan thumbnail gambar.namun semuanya itu memakan resource, dan jika prioritas anda adalah performa, operating system akan lebih cepat tanpa mereka.
Kotak dialog performance options bisa diakses dari link adjst visual effect di panel kiri performance information and tools. Pada tab visual effect, anda bisa mengatur setting secara terpisah, matikan yang tidak diinginkan, untuk meningkatkan performa. Atau anda bisa mematikan semua efek visual dengan mengklik adjustfor best performance.

6. Atur opsi pengindeksan

Vista mempunyai fitur pencarian yangjauh lebih baik, tapi ia bergantung pada pengindeksan file dan program pada hardisk anda sehingga mereka bisa di temukan dengan cepat. Namun pada waktu proses pengindeksan berjalan, ia bisa memperlambat program lain yang anda jalankan pada saat yang sama.
Anda bisa memilih lokasi yang ingin diindeks, lebih sedkit lokasi akanmembuat pengindeksan lebihsingkat sehingga menghasilkan performa yang lebih cepat. Di pihak lain, anda akan mendapatkan performa pencarian yang lebih baik dengan mengindeks semua lokasi. Anda tidak bisa memtikan fitur pengindeksan secara total, tetapi anda bisa memilih adusting indexing options di panel kiri performance information and tools.

7. Bersihkan dan defrag HDD

File yang terfragmentasi atau banyaknya file extra yang tidak dibutuhkan pada harddisk bisa menurunkan performa. Vista menyediakan tool pembersih harddisk, yang bisa anda akses dari Start,All programs, accessories, system tools. Tentukan drive yang ingin dibersihkan, dan tool akan mengestimasi jumlah kapasitas yang ada dapatkan setelah memjalankan proses cleanup.
Defragmentasi harddisk akan mengatur ulang data sehingga semua bagian file tidak terpecah-pecah, ini membuat vista bisa mengakses file tersebut lebih cepat. Disk defragmenter internal bisa diakses di menu system tools. Proses defragmentasi itu bisa memperlambat computer anda, jadi lakukan pada waktu anda tidak sedang menggunakan computer. Selain disk defragmenter internal, ada juga utility dari pihak ketiga.

8. Atur setting power

Jika tidak masalah menggunakan power lebih, anda bisa meningkatkan performa dengan mengeset setting power ke high performance. Klik power options pada control panel dan pilih opsi tersebut. Secara default, konfigurasi diset ke balanced, yang membatasi power CPU sebesar 50% dari operasional normal.

9. Matikan sidebar

Sidebar merupakan fitur yang menarik, tetapi jika anda tidak menggunakan appletnya, anda bisa menghemat resource dengan mematikannya. Pertama, klik kanan dan pilih properties. Selanjutnya, hilangkan tanda centang pada start sidebar when windows start. Kemudian, tutup dengan mengklik kana dan pilih close.

10. Matikan aero

Ini merupakan pilihan terakhir. Lagi pula, aerolah yang membuat vista seperti vista. Namun jika anda tidak peduli semua tampilan tersebut dan mempunyai computer kecepatan rendah, tapi anda masih menginginkan fitur yang baru(pencarian,security,peningkatan explorer, dan seterusnya), anda bisa meningkatkan performa dengan menggunakan tampilan non transparan.
Untuk melakukannya, klik kanan desktop dan pilih personalize, lalu klik windows color and appreance. Sekarang, klik open classic appearance properties for more color options. Dari box daftar drop-dow di tab appearance, pilih sembarang them selain aero (windows vista basic, windows standard, atau windows classic).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar