Kamis, 18 April 2013

SEO Google Untuk Blog dan Website


Search Engine Optimization terdiri dari berbagai strategi yang bisa dimanfaatkan untuk meningkatkan peringkat blog atau website. SEO memiliki beberapa tahapan dimana anda harus bersabar dalam mengimplementasikannya. Untuk menjalankan strategi tersebut anda harus menetapkan sebuah tujuan dan pokok topik bahasan terlebih dahulu.


Upaya yang harus dilakukan pertama kali adalah dimulai sejak anda pertama kali membuat sebuah website yang SEO Friendly, karena website tersebut akan mendorong search engine crawler mengenal website dengan lebih dekat.

Dengan mengerti cara membuat tag, link, struktur navigasi, script programming, dan konten maka anda telah memiliki modal yang sangat cukup untuk mengembangkan blog/website yang lebih search engine friendly.Seperti yang telah kita ketahui, SEO Google 2013 ini terus melakukan update algoritma beserta Google Panda dan Google Penguin yang semakin canggih hingga dapat menganulir banyak trik-trik SEO sehingga tidak efektif kembali.

Berikut ini adalah tips untuk menyesuaikan SEO Google For Blog and Website :

1. Konten yang anda buat harus unik, fresh, learning, dan asli.

2. Konten yang berkualitas menurut aturan Google adalah konten yang mudah dipahami oleh pengunjung serta memberikan manfaat. Maka hindarilah copy paste artikel.

3. Jaga konsistensi anda setiap waktu dalam membuat artikel. Jangan membuat artikel yang tidak bermakna dan hanya sekedar memenuhi daftar jadwal rutin posting.

4. Integrasikan antara blog , website , forum dan yang lainnya yang anda miliki dengan menghubungkan satu sama lain. Karena hampir setiap situs terkenal memiliki blog atau forum diskusi mereka.

5. Hindari aktivitas keyword spamming. Keyword Organik lebih diperhitungkan oleh Google daripada memperbanyak keyword yang akan langsung dianggap sebagai spam.

6. Gunakan layanan ping seperti pingomatic , http://mypagerank.net , http://blogsearch.google.co.id/ping setiap selesai menulis sebuah artikel terbaru yang dibuat.

7. Jangan terlalu banyak menggunakan kata kunci. 

8. Untuk mendapatkan keyword yang tepat sasaran, gunakan alat pencarian keyword di sini: https://adwords.google.com/select/KeywordToolExternal.

9. Pilih nama domain yang sesuai dengan isi situs anda dan sesuai target yang telah ditentukan. Dalam membuat nama domain jangan menggunakan kata-kata vulgar, product, merk dan lainnya.

10. Gunakan http://www.google.com/insights/search/ untuk menemukan Site Title yang pas dan mencakup seluruh keyword yang anda target.

11. Buat stuktur halaman situs yang benar. Posisi yang dibaca dan crawling oleh search engine terlebih dahulu adalah dimulai dari URL > Tag Title > Tag Image > 200 Kata Pertama > Kata-kata selanjutnya. Semakin awal posisi keyword diletakkan akan semakin baik.

12. Sitemap adalah representasi arsitektur website yang berguna sebagai tool untuk planning dan diatur dalam bentuk bertingkat. Buatlah sitemap.xml di situs anda. Bisa juga dengan memanfaatkan layanan tools pembuat sitemap seperti http://xml-sitemaps.com

13. Hindari Code Bloat. Ketika JavaScript dan CSS ditulis jadi satu dengan file HTML, hal ini bisa menyusahkan mesin pencari mengkonversi kode HTML anda ke dalam bentuk konten itulah yang dimaksud oleh Code Bloat. Maka, hindari penggunaan Javascript dan CSS dalam bagian yang terpisah. Apabila digabung akan sangat menyulitkan karena bergabung dengan HTML anda.

14. Setelah algoritma Panda, berikutnya adalah algoritma Penguin. Jika Google Panda menuntut kualitas konten, maka pada algoritma Penguin, Google menuntut kualitas tautan (link) yang masuk dan keluar dari blog kita.

15. Usahakan untuk mencantumkan internal link disetiap artikel anda. Minimal adalah 2 inbound link.

16. Kreatif dalam mendapatkan backlink. Dalam mengumpulkan banyak link, anda harus pintar memilih mana yang dianggap sebagai spam dengan yang bukan. Carilah link dengan konten yang relevan dengan situs anda.

17. Aktif mengikuti forum, social media, dan directory dengan pagerank tinggi. Dari sanalah anda akan mendapatkan banyak link berkualitas.

18. Untuk mempermudah pengunjung, manfaatkanlah share bookmark yang merupakan layanan untuk melakukan share otomatis dengan artikel yang kita buat agar dibaca oleh banyak pengunjung.

19. Maksimalkan rangking alexa situs anda dengan baik. Apabila blog / website anda memiliki rangking dibawah 100.000 itu sudah merupakan jenjang produktifitas yang baik.

20. Daftarkan blog anda ke directory dmoz.org dan yahoo yang merupakan open directory project paling terkenal.

21. Anda harus aktif sebagai kontributor. Setidaknya anda harus menjadi Contributor untuk akun Google Plus anda dan hubungkan dengan blog / website sehingga akan dapat meningkatkan traffik dan posisi di hasil pencarian.

22. Buat robots.txt pada situs anda. Kegunaannya adalah untuk Pengindeksan, Validasi HTML, Validasi Link, Mirroring, Update Stats, dan sebagai alat untuk mengirim informasi ke search engine.

23. Untuk meletakkan file robots.txt ke server, anda bisa menggunakan software FTP Client. Jangan lupa untuk menggunakan semua huruf kecil.

Beberapa tips seo google diatas dapat mengoptimalkan anda dalam membangun sebuah website. Untuk anda yang masih pemula dapat mencobanya dengan hosting gratis seperti blogger.com , wordpress.com dan lainnya. 


3 komentar: